Beranda Gaya Hidup Ponsel Canggih, Seharga Satu Kotak Martabak

Ponsel Canggih, Seharga Satu Kotak Martabak

6
0
Wiz Phone. Foto: Istimewa

Gorontalo, mimoza.tv – Google makin memperluas jangkauannya ke pengguna di Indonesia. Saat ini, raksasa teknologi ini berencana menghadirkan Feature Phone di tanah air. Meski berkonsep Feature phone, ponsel ini memiliki sejumlah dukungan fitur canggih, sehingga tak kalah disbanding smartphone saat ini.

Bekerjasama dengan WizPhone, ponsel yang dilengkapi dengan Google Assistant ini turut didukung dengan teknologi Artificial intelligence (AI). Tanpa perlu menginstalnya secara terpisah, Google Assistant akan secara otomatis tersedia pada ponsel yang diberinama WizPhone tersebut.

Wizphone yang baru diperkenalkan awal pekan ini dalam sebuah acara yang digelar Google di Jakarta bentuknya seperti ponsel jadul. Dengan keyboard T9 dan layar yang resolusinya biasa-biasa saja. Tapi yang membuatnya istimewa adalah OS besutan Google di dalamnya dan juga dukungan Google Assistant.

Soal spesifikasi, ponsel ini berjalan dengan sistem operasi KaiOS. Dapur pacunya disokong dengan Chipset Qualtcomm  MSM 8905 dan RAM 512MB. WizPhone seri WP006 ini juga memiliki kamera utama 2 megapiksel dan kamera depan VGA. Memiliki memori internal 4GB, ponsel ini ditopang dengan baterai 1800 mAh, yang diklaim mampu bertahan hingga 350 jam. Ponsel ini merupakan hasil kerjasama WizPhone dengan Alfamart. Oleh karenanya, distribusi perangkat ini akan memanfaatkan jaringan Alfamart di Indonesia.

Belum jelas kapan WizPhone yang didukung Google Assistant rilis ke pasaran. Google hanya menyebut perangkat itu akan meluncur segera. Soal harga, ponsel itu dibanderol sangat terjangkau, bahkan tak lebih dari Rp100 ribu.

“Ponsel ini nantinya segera  dirilis di Alfamart. Harganya Rp 99.000, setara anda membeli satu kotak martabak. Ini bisa kami lakukan berkat partner yang baik di Indonesia,” kata Scott Huffman, VP of Engineering, Google Assistant.

Saat ini,smartphone bukan lagi menjadi hal yang baru bagi masyarakat Indonesia. Kendati begitu, Google menilai masih banyak masyarakat di Indonesia yang menggunakan Feature Phon.  Selain itu kesenjangan di antara smartphone dan feature phone juga cukup besar. Oleh karenanya Google mencoba untuk mengatasi kesenjangan itu melalui WizPhone.

Randy Jusuf, Managing Director Google Indonesia kepada tek.id mengatakan, Smartphone sekarang sudah banyak, tapi tidak semua orang bisa beli. Kesenjangannya sekarang antara Feature Phone dengan Smartphon  juga memang cukup besar.

“Tapi disisi lain Feature Phon  lebih terjangkau. Penggunaannya juga lebih gampang karena ada Google Assistan. Jadi lebih seperti ‘batu loncatan,” jelas Randi, dikutip dari Tek.id.

Kata dia, selain bisa mengoperasikannya dengan Google Assistant, ponsel ini juga sudah dilengkapi dengan aplikasi media sosial seperti Facebook dan Twitter.

Google juga menyertakan aplikasi Youtube dan Maps guna memanjakan penggunanya.(luk)