Beranda Nasional Saat Reuni 212, Misa Di Gereja Katedral Tetap Khidmad

Saat Reuni 212, Misa Di Gereja Katedral Tetap Khidmad

2
0
Gereja Katedral Jakarta. (Foto: Gelora)

Gorontalo, mimoza.tv – Meski jutaan umat muslim menggelar Reuni 212, Minggu (2/12/2018), ibadah Misa di Katedral Jakarta tetap berjalan lancer. Dikutib dari berbagai sumber, sejumlah jemaat silih berganti memasuki Gereja Katedral yang tak jauh dari lokasi pelaksanaan Reuni 212 tersebut.

Terpantau juga, tak ada pengamanan berlebihan saat umat Katolik melaksanakn misa tersebut. Terlebih, saat sebagian massa sempat berkumpul di Masjid Istiqlal yang berada tepat didepan gereja tersebut.

“Saya datang ke gereja sejak pukul 07.30 WIB karena jalan di Lapangan Banten di tutup. Biasa di sini karena dekat rumah tapi agak sepi, lebih sepi dari biasanya,” ujar Nadia, di kutip dari Kumparan.com.

Tidak ada imbauan khusus dari pihak gereja terkait misa hari ini meski bertepatan langsung dengan acara Reuni 212 yang berlangsung dekat dengan likasi Katedral. Menurut dia, gereja sepi karena ada sejumlah penutupan jalan.

Senada dengan Nadia, Adhi yang merupakan petugas keamanan gereja mengatakan demikian. Pada Minggu kali ini jumlah jemaat yang datang lebih sedikit. Meskipun demikian, ibadah tetap berlangsung lancer dan aman.

“Setiap misa biasanya ada sekitar 1.500 jemaat, tapi hari ini diperkirakan hanya sekitar 800 jemaat yang hadir,” ungkap Adhi.

Kata dia, khusus hari ini, banyak jemaat yang datang menggunakan transportasi umum, misalnya taksi dan ojek online.

“Jemaat kurang membawa kendaraan pribadinya, biasanya parkiran di sini (red-Gereja Katedral) penuh. Hal ini karena beberapa jalan ditutup. Kalau terkait acara itu memang tidak ada imbauan,” tandasnya.

Dari pantauan langsung di gereja juga, misa berjalan khidmad. Jumlah jemaat yang datang tidak sampai memenuhi setengah bangku yang ada.(luk)