Beranda Bone Bolango Siswa Paud Hingga SD Tolak Buang Sampah Sembarangan Lewat Lomba

Siswa Paud Hingga SD Tolak Buang Sampah Sembarangan Lewat Lomba

5
0

Gorontalo, mimoza.tv – Membudayakan untuk tidak membuang sampah sembarangan, harus digalakkan sejak usia dini.

Salah satunya dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Pendidikan Kabupaten Bone Bolango, yang menggelar lomba melukis stop buang sampah sembarangan, yang diikuti puluhan murid PAUD dan SD di Kecamatan Bulango, Rabu (28/11/2018).

Marni Nisabu selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bone Bolango, kepada wartawan mimoza.tv mengatakan, selain memperingati Hari Bhakti Pekerjaan Umum dan Hari Anak Nasional, kegiatan ini juga sebagai bentuk penolakan buang sampah sembarangan sejak usia dini.

“Anak-anak harus di didik sejak usia dini, tentang bagaimana tidak membuang sampah sembarangan, bagaimana menciptakan kebersihan, mimimal dari keluarga mereka sendiri,” ujar Marni Nisabu.

“Pesertanya hanya kita bekali dengan pemahaman tentang bahaya sampah. Selanjutnya mereka akan mengembangkan pemahaman tersebut dengan ide dan kreatifitas mereka sendiri,” tandas Marni.

Sementara itu Marten selaku ketua panitia lomba menjelaskan, kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan masih minim.

“Akibat dari ketidaktahuan dan ketidaksadaran tersebut, Gorontalo masuk dalam 10 besar daerah penghasil sampah di Indonesia,” pungkasnya.(luk)