Beranda Lingkungan Anak Muda ‘Zaman Now’ Sayang Bumi: Mulai Minimalkan Penggunaan Plastik

Anak Muda ‘Zaman Now’ Sayang Bumi: Mulai Minimalkan Penggunaan Plastik

45
0
Aneka sampah di Tempat Pelelangan Ikan Kota Gorontalo. Foto: Lukman Polimengo.

Gorontalo, mimoza.tv – Plastik merupakan salah satu material yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari kegunaannya sebagai pembungkus hingga sebagai alat makan, seperti sendok dan garpu plastik.

Hal ini dikarenakan proses pembuatannya yang mudah, harganya yang murah, sifatnya yang mudah dibentuk dan tahan lama, serta kegunaannya yang banyak.

Namun sayangnya, plastik merupakan jenis sampah yang membutuhkan waktu 500 hingga 1.000 tahun agar dapat terurai di alam.

Bahkan, ketika sampah plastik terbawa hingga ke laut, plastik-plastik tersebut dapat termakan oleh biota-biota laut.

Faktanya, belum lama ini, ditemukannya seekor paus sprema di Wakatobi yang membuat masyarakat kembali menyadari tentang penggunaan plastik. Dalam perut paus tersebut, ditemukan 5.9 kg sampah plastik.

Kasus tersebut mengingatkan kita bahwa plastik semestinya digunakan secara bijaksana. Penggunaan plastik sejatinya bisa diatasi jika kita mau menerapkan hal-hal mudah yang dapat mendukung seminimal mungkin penggunaan plastik. Cobalah untuk menerapkannya dari diri sendiri.

Membawa tas belanja sendiri

Mulai sekarang, cobalah untuk membawa tas belanja sendiri ketika sedang berbelanja.

Ketika berbelanja, tak sedikit barang belanjaan kita dibungkus dengan kantong plastik. Mulai sekarang, cobalah untuk membawa tas belanja sendiri ketika sedang berbelanja.

Selain lebih higienis, kamu juga dapat turut serta dalam kegiatan diet kantong plastik, loh!

Menggunakan Alat Makan yang Reusable

Sering kali kita menggunakan alat makan sekali pakai seperti sedotan, sendok, dan garpu plastik. Sayangnya, alat sekali pakai tersebut justru menambah jumlah limbah plastik yang ada.

Ketika kamu membeli makanan di luar rumah, cobalah untuk membawa alat makan sendiri dari rumah yang reusable.

Sedotan stainless steel bisa dicuci dan kamu pakai kembali. Harganya juga murah, sekitar Rp12.000-Rp15.000.

Selain itu, saat ini juga sudah ada sedotan stainless yang reusable sehingga kamu tidak perlu lagi untuk menggunakan sedotan plastik. Harganya juga murah loh!

Kamu bisa coba membelinya di toko online seperti Zero Waste

Membawa tumblr atau tempat minum sendiri
Kamu juga dapat untuk mulai membawa tumblr atau tempat minum sendiri sebagai langkah untuk mengurangi penggunaan botol plastik.

Saat ini, sudah banyak tersedia botol minum dengan berbagai ukuran sehingga kamu dapat menyesuaikannya dengan kebutuhanmu.

Mendaur ulang limbah plastik
Tahukah kamu bahwa limbah plastik dapat didaur ulang? Mendaur ulang tentu menjadi salah satu solusi untuk mengurangi sampah plastik.

Cobalah kreativitasmu dengan membuat sampah plastik menjadi barang lain yang lebih bermanfaat. Misalnya, menggunakan limbah botol plastik sebagai wadah untuk tempat pensil.

Mengatasi limbah plastik dapat dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu. Ketika diri kita dapat melakukannya, kita dapat mengajak orang lain untuk ikut serta melakukan hal-hal sederhana tersebut. Yuk bijaksana dalam menggunakan plastik.(luk)

Artikel ini sudah tayang di tribunnews.com