Antisipasi Wabah Penyakit, Hewan Qurban Akan Tes DNA

Boalemo, mimoza.tv – Jelang Idul Adha, Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Boalemo akan melakukan tes DNA, kepada seluruh hewan qurban. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya penyakit pada hewan qurban.

Upaya pemberian vaksin serta melakukan tes posmortem dan antemortem, terhadap hewan qurban diseluruh lokasi pemotongan yang ada di Boalemo, merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Dinas Pertanian dan Peternakan untuk mengantisipasi penyakit yang menjangkiti hewan qurban.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Boalemo, Sri Dinawati Saleh mengatakan, dinas terkait akan melakukan upaya ini pada satu hari jelang idul adha, hingga sehari setelah idul adha.

“Selain merupakan program dinas, hal ini juga merupakan antisipasi hawabah antraks, yang akhir-akhir ini menyerang hewan ternak di Gorontalo,” katanya.

Menurut Sri, meskipun di Boalemo belum ditemui wabah antraks seperti di kabupaten lainnya, namun tetap pihaknya akan melakukan antisipasi-antisipasi pencegaah, agar antraks tidak menjangkiti ternak di Boalemo, terutama di wilayah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Gorontalo. (smt)


Posted

in

,

by

Tags: