Beranda Kota Gorontalo Cap Go Meh Di Gorontalo, Sejumlah Tang Sin Bakal Diarak Keliling

Cap Go Meh Di Gorontalo, Sejumlah Tang Sin Bakal Diarak Keliling

159
0
Umat Tri Dharma saat melakukan Sembahyang untuk bertanya pada Tian Siang Seng Bo, apakah perayaan Cap Go Meh ini bisa dilaksanakan. Foto: Lukman Polimengo

Gorontalo, mimoza.tv – Perayaan Cap Go Meh di Kota Gorontalo hari ini, Selasa (19/2/2019) bakal berlangsung meriah. Aksi sejumlah Tang Sin yang merupakan Badan Kasar dari Roh Suci Sien Beng, merupakan atraksi yang paling dinanti, bukan hanya umat Tri Dharma saja, melainkan warga lainnya yang turut menyaksikan.

“Setiasp ritual Cap Go Meh atau masyaraka luas menyebutnya Tapikong, aksi para Tang Sin ini senantiasa ditunggu tunggu oleh warga masyarakat, ujar Apiet, warga Tionghoa yang berdomisili di Kelurahan Limba U II, Kota Gorontalo.

Wakil Ketua pengurus Tri Dharma provinsi Gorontalo, Hengky Kamolie mengungkapkan, sebelum perayaan Cap Go Meh pada hari ini, sepekan sebelumnya telah dilaksanakan Sembahyang  untuk bertanya pada Tian Siang Seng Bo, apakah perayaan Cap Go Meh ini bisa dilaksanakan.

“lewat Sembahyang bersama di Klenteng Tulus Harapan Kita ini, kita bertanya, apakah mendapatkan restu atau tidak. Dan puji syukur, pada prosesi nanti, Tang Sin direstui untuk keluar,” jelas Hengky.

Dalam kesempatan itu juga dia berharap pelaksanaan ritual Cap Go Meh ini bisa berjalan lancar, dan aman.

Tak hanya aksi para Tang Sing, sejumlah atraksi lainnya seperti atraksi Barongsai dan Lion dace juga akan memeriahkan ritual Cap Go Meh tersebut.

“Kita berharap agar ditahun Imlek 2570 ini, Indonesia, lebih khusus Gorontalo, senantiasa diberkati, aman, tentram, serta tetap dalam lindungan Tuhan,” pungkas Hengky.(luk)