Beranda Boalemo Debat Kandidat Pilkada Boalemo Bertemakan Visi Misi Masing-Masing Calon

Debat Kandidat Pilkada Boalemo Bertemakan Visi Misi Masing-Masing Calon

153
0

 

040117-rakor-kpu-boalemoBoalemo, mimoza.tv – Jelang pelaksanaan debat kandidat peserta pilkada Boalemo, pihak Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Boalemo menyatakan, hingga saat ini persiapan sudah mencapai 80%. Tema yang dipilih dalam debat kandidat kali ini diambil berdasarkan visi misi dari masing-masing calon.

Debat kandidat rencananya akan dilaksanakan dalam bulan Januari ini. Debat kandidat calon Bupati akan dilaksanakan pada tanggal 9 Januari, Wakil Bupati pada 16 Januari, dan terakhir debat kandidat pasangan calon akan dilaksanakan pada 23 Januari mendatang.

Ketua KPUD Bolaemo, Amir Koem mengungkapkan, tema yang diambil untuk tiap sesi itu berbeda, akan dipilih berdasarkan visi misi dari masing-masing calon. Dan akan dibagi dalam 6 segmen.

“Untuk debat calon Bupati mengambil tema yang berkaitan dengan sumber daya manusia dan lingkungan hidup. Untuk calon Wakil Bupati tentang sumber daya alam, dan debat pasangan calon nanti akan mengambil tema yang berkaitan dengan sumber daya manusia, narkoba, sosial budaya, dan agama,” kata Amir Koem yang ditemui usai rapat koordinasi bersama tim perumus dan media, Selasa malam (3/1/2016).

“Ada 2 tema yang terakhir dimasukan untuk debat calon Bupati dan Wakil Bupati, yakni tentang bebas narkoba dan tentang kekerasan dalam rumah rangga, sesuai dengan edaran KPU Pusat,” lanjut Amir.

Dalam pelaksanaan debat kali ini, massa pendukung dan simpatisan masing-masing pasangan calon dibatasi hanya 50 orang, dan akan dilakukan pengawalan oleh pihak keamanan untuk massa pendukung masing-masing.
Amir Koem juga menambahkan, perbedaan yang signifikan dari pelaksanaan debat sebelumnya adalah, ditiadakannya panelis dan hanya menggunakan 1 moderator dalam debat kandidat kali ini. Konsep ini mengadopsi sistem debat Internasional, yang tidak menggunakan panelis jika calonnya lebih dari satu.