Beranda Kabar Daerah Direstui Yang Suci Thian Siang Seng Bo, Sejumlah Tangsin Bakal Diarak Keliling...

Direstui Yang Suci Thian Siang Seng Bo, Sejumlah Tangsin Bakal Diarak Keliling Kota Gorontalo

280
0
Umat Tri Dharma melakukan upacara Po Poe, atau upacara meminta restu Yang Suci Thian Siang Seng Bo, di klenteng Tulus Harapan Kita, jumat (8/2/2019). Foto: Lukman Polimengo.

Gorontalo, mimoza.tv – Perayaan ritual Cap Go Meh di Kota Gorontalo yang merupakan puncak dari perayaan Tahun Baru Imlek dipastikan akan meriah. Perayaan ini dilaksanakan setelah umat Tri Dharma melakukan upacara Po Poe, atau upacara meminta restu Yang Suci Thian Siang Seng Bo, di klenteng Tulus Harapan Kita, jumat (8/2/2019).

Usai ritual Po Poe, Hengky Kamolie, selaku Wakil Ketua Pengurus klenteng Tulus Harapan Kita mengungkapkan syukur, perayaan Cap Go Meh di Gorontalo tahun ini mendapat restu.

“Kita patut bersyukur, perayaan Cap Go Meh tahun ini mendapat restu untuk dilaksanakan. Dan untuk selanjutnya kita akan berkoordinasi dengan pihak panitia maupun klenteng lainnya yang kemungkinan akan bergabung dalam perayaan nanti,” ujar Hengki saat diwawancarai wartawan mimoza.tv.

Dirinya menjelaskan, untuk rute atau jalur yang nantinya akan dilalui oleh Tang Shen, akan dikoordinasikan juga dengan pengurus maupun panitia perayaan.

“Yang jelas, pada prosesi Cap Go Meh tanggal 15 Februari nanti, para Tang Shen akan keluar klenteng, berkeliling dalam arakan mengelilingi wilayah sekitar klenteng, Panitia akan mempersiapkan rutenya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, perayaan Cap Go Meh ini merupakan puncak dalam prosesi keagamaan setelah Tahun Imlek yang sudah didahului dengan berbagai ritual keagamaan lainnya. Sebhelum perayaan tersebut, umat Tri Dharma masih akan melakukan beberapa ritual lagi seperti Sembahyang Tuhan dan juga pencucian pedang.

Baik dirinya maupun umat Tri Dharma lainnya berharap ritual kegiatan ini berlangsung dengan aman, dan dapat membawa keberkahan bagi seluruh masyarakat Gorontalo.

“Muda-mudahan di tahun ini, hasil bumi semakin bagus, masyarakat aman, tentram, dan yang tak kalah penting, kerukunan antar umat beragama di Gorontalo ini tetap terjaga,” tandasnya.