Beranda Pendidikan Indri: Jadi Presenter Harus ‘Karlota’

Indri: Jadi Presenter Harus ‘Karlota’

34
0
Dua presenter Mimoza TV saat menjawab pertanyaan puluhan pelajar SMP yang bertandang ke dapur redaksi Mimoza TV, Kamis (23/5/2019). Foto: Lukman Polimengo.

Gorontalo, mimoza.tv – Membawa acara atau membaca berita dalam suatu program televisi haruslah menguasai materi yang akan dibawa atau di bacakan. Selain itu seorang presenter juga di tuntut untuk punya sikap ‘Karlota’ atau suka mencari tau berbagai permasalahan.

Hal ini diungkapkan Indriany Suge, presenter program Warta 67 Mimoza TV, dihadapan puluhan pelajar SMP saat bertandang ke dapur redaksi Mimoza TV.

Kedatangan 73 pelajar SMP ke redaksi Mimoza TV ini merupakan rangkaian dari Workshop peningkatan kompetensi, Lomba Karya Tulis tingkat SMP se Kota Gorontalo, kolaborasi antara Dinas Pendidikan Kota Gorontalo dan Mimoza Multimedia.

Selain menguasai materi yang akan dibawa, Indri juga menjelaskan, seorang reporter harus disiplin waktu, agar materi nanti yang akan di bawa bisa di kuasai.

“Minimal 1 jam sebelum kita membawakan berita, sudah harus ada di studio. Untuk persiapan, mulai dari pakaian, dandanan, dan terutama naskah yang akan kita bawakan harus kita pelajari dahulu. Ini penting agar di depan kamera kita tidak canggung atau salah,” jelas Indri.

Hal yang sama juga diungkapkan Alvin Ramadhan. Presenter dan MC kawakan Gorontalo ini mengatakan, untuk presenter atau juga jadi pembawa acara, faktor audiens juga sangat berpengaru ketika bertugas.

“Jadi untuk mengimbangi itu, harus kuasai materi, kuasai sistuasi, punya banyak perbendaharaan kata. Ini yang membuatat acara yang kita bawa berjalan dengan baik tanpa gugup atau salah-salah,” kata Alvin.

Lanjut pria berkaca mata ini, dalam kaitannya juga, pembawa acara mungkin ingin menunjukkan bahwa ia cukup menguasai permasalahan. Sebenarnya, hal tersebut hanya diperlihatkannya melalui caranya memancing jawaban atau membuat pertanyaan, tanpa ia harus turut mengulasnya.

Kesediaan untuk berempati terhadap unsur-unsur lain dalam suatu acara menunjukkan tingkat kedewasaan diri. “Ada kalanya kita menempatkan diri pada posisi orang lain, mencoba mengerti perasaan orang lain. Tampil bagus adalah harus, namun bukan berarti kita mengambil peran atau waktu orang lain demi menunjukkan kehebatan diri sendiri,” tandasnya.

Usai menyambangi dapur redaksi Mimoza TV, peserta kembali menerima materi cara penulisan artikel dan berita dari Branch Manager PT Mimoza Multimedia, Hadi Sutrisno Daud.(luk)