Pasca Putusan MA, Plt Bupati Boalemo Minta Situasi Tetap Kondusif

070117-plt-bupati-rapat

Boalemo, mimoza.tv – Pasca beredarnya informasi terkait dikabulkannya gugatan kasasi pasangan calon Kepala Daerah Darwis Moridu-Anas Yusuf (DAMAI) oleh Mahkamah Agung, Pelaksana Tugas Buapati Boalemo Adrian Lahay, langsung mengundang seluruh komponen pimpinan daerah.

Dalam rapat yang di gelar Sabtu siang (7/1/2017), di Rumah Jabatan Bupati Boalemo, Plt Bupati meminta agar semua pihak dapat bersama-sama menjaga stabilitas daerah, pasca putusan Mahkamah Agung (MA). Meskipun sampai detik ini, penyelenggara pemilu baik KPU Kabupaten Boaelmo maupun Panwas belum menerima salinan putusan atas gugatan kasasi tersebut.

“Saya sangat berharap, seluruh komponen dapat mengantisipasi terjadinya hal-hal yang dapat menganggu stabilitas daerah Boalemo. Karena pasti ada pihak-pihak yang akan menindak lanjutinya ke KPU, dan ada juga yang akan berusaha menghambat keputusan yang akan di ambil oleh KPU Kabupaten Boalemo,” kata Adrian.

Sementara itu, pihak keamanan seperti TNI dan Polri sepakat akan terus menjaga keamanan daerah. “Meskipun kini telah beredar informasi terkait putusan MA, tapi pada konteksnya kita tetap menunggu salinan dalam bentuk fisik. Dan untuk KPU diharapkan agar tetap menjalin komunikasi dengan pihak pusat untuk hasil keputusan MA tersebut,” ujar Kapolres Boalemo, AKBP Jepri Yuniardi, dalam rapat bersama tersebut.

“Untuk pengamanan, sama halnya dengan pihak TNI, Polri juga siap untuk mengamankan jika nantinya KPU akan melaksanakan tugasnya sesuai dengan apa yang diamanatkan dalam amar putusan kasasi,” lanjut Kapolres.

Menyinggung permasalahan debat kandidat yang rencananya akan dilaksanakan pada hari senin (9/1/2017), sesuai dengan yang telah disepakati bersama, persiapannya kini telah mencapai 90 persen, dan akan menunggu kesepakatan akhir.

Rencananya, setelah rapat bersama unsur pimpinan daerah serta penyelenggara pemilu, Plt Bupati Adrian Lahay juga akan mengundang perwakilan dari ketiga pasangan calon untuk membicarakan hal yang sama.


Posted

in

,

by