Beranda Pendidikan Penerapan Jam Masuk Sekolah Yang Baru, Proses Belajar Mengajar Lebih Padat

Penerapan Jam Masuk Sekolah Yang Baru, Proses Belajar Mengajar Lebih Padat

248
0

sekolah-pagi

Limboto, mimoza.tv – Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo, mulai menerapkan jam masuk sekolah yang baru di tingkatan Sekolah Menengah Atas, yakni mulai pukul enam pagi hingga pukul tiga sore. Hal ini dilakukan untuk memmbuat siswa belajar lebih produktif. Namun penerapan jam masuk yang baru ini masih menimbulkan pro dan kontra.

Penerapan jam masuk sekolah yang baru, sudah mulai dijalankan sejak dua pekan terakhir oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo. Hampir 87,5 persen orang tua siswa tidak keberatan dengan adanya aturan baru tersebut. Sementara 12,5 persen yang tidak menyetujui beralasan jauhnya jarak dari rumah ke sekolah yang dikhawatirkan menyulitkan para siswa, dan tidak sempat sarapan pagi.

“Dari keseluruhan peserta didik di sekolah ini, ada sekitar 87,5 persen setuju dengan peraturan baru ini, dan sisanya yang tidak setuju ini berasalan jarak dari rumah ke sekolah yang jauh, dan para orang tua yang khawatir anaknya tidak sempat sarapan pagi,” kata Maryam Ui, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Limboto.

“Dengan diterapkannya peraturan baru ini, semua aktifitas belajar di lakukan sepenuhnya di sekolah, dan tidak ada lagi tugas sekolah yang dikerjakan di rumah,” lanjut Maryam.

“Dan untuk proses belajar mengajar dengan sistem full day school, Maryam menambahkan, hanya diberlakukan sampai hari Jumat, hari sabtu Sekolah diliburkan.”

Berbagai aktifitas lain selain Proses Belajar Mengajar juga di terapkan di sekolah yang sudah menerapkan jam masuk sekolah yang baru. Seperti kegiatan ekstrakulikuler, Gerakan Bank Sampah, dan Kegiatan Pengembangan Karakter.

Pemberlakukan jam masuk baru ini ditanggapi positif oleh para siswa. “Penerapan jam masuk ini mengajarkan kita untuk lebih disiplin dan meminimalisir kita untuk bangun siang,” kata Adit, Siswa SMA Negeri 1 Limboto.

Hal senada juga dikatakan Aulia, yang menganggap peraturan ini sangat bagus, karena membiasakan siswa untuk bangun pagi. “Kalo ada siswa yang tidak setuju dengan peraturan baru ini, mungkin mereka yang belum terbiasa untuk bangun pagi, itu aja sih. Tapi kalo menurut saya pribadi program ini sangat bagus,” ujar Aulia.

Rencananya pemberlakukan aturan jam masuk sekolah yang baru ini, juga akan di terapkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo di semua sekolah hingga ke tingkat Sekolah Dasar.