Beranda Hiburan 7 Film Jurnalisme Terbaik, Bikin Kamu Semangat Jadi Wartawan!

7 Film Jurnalisme Terbaik, Bikin Kamu Semangat Jadi Wartawan!

31
0

Di mata orang awam, wartawan nampaknya jadi profesi impian. Mereka dinilai bisa dengan mudah bertemu orang-orang penting, sering bepergian ke tempat-tempat baru, dan punya wawasan luas. Namun, menjadi wartawan tak semudah itu. Ia dihadapkan pada tuntutan kerja serba cepat, teliti, dan kritis terhadap para narasumber.

Buat kamu yang pengin tahu atau menjadi wartawan, ada tujuh film terbaik yang mengisahkan cara kerja jurnalis, dari brainstorming saat rapat redaksi, bertemu narasumber, sampai tulisannya layak dinikmati pembacanya. Apa saja filmnya? Simak artikelnya.

1. All the President’s Men (1976)

Film lawas tahun 1976 ini mengisahkan dua wartawan The Washington Post, Bob Woodward dan Carl Bernstein, dalam mengungkap skandal Watergate yang melibatkan Presiden Amerika Serikat Richard Nixon.

Dalam pengumpulan keterangan, jurnalis Washington Post berhasil mengorek narasumber berinisial Deep Throat yang berasal dari Federal Bureau Investigation.

2. The Insider (1999)

Film yang dibintangi Al Pacino ini berkisah tentang upaya tim redaksinya dalam mengungkap aib industri rokok yang menggunakan zat adiktif. Pengungkapan skandal industri tembakau itu direkam pada tahun 1995 dan ditayangkan pada Februari 1996. 

3. A Mighty Heart (2007)

Film yang dibintangi aktris Angelina Jolie sebenarnya tak begitu banyak mengulik soal kerja jurnalis. Namun, sebagai istri (Jolie berperan sebagai istri Daniel Pearl), merasa khawatir ketika mengetahui suaminya yang bekerja sebagai reporter Wall Street Journal diculik oleh kelompok teroris saat melakukan peliputan di Pakistan.

4. Kill The Messenger (2014)

Film bergenre crime-thriller ini mengisahkan tentang jurnalis investigatif The Los Angeles Times, Gary Webb, saat mengungkap keterlibatan agen Central Intelligence Agency (CIA) dalam kasus perdagangan kokain. Dibintangi aktor Jeremy Renner, film jurnalisme yang diadaptasi dari kisah nyata ini berdurasi hingga 119 menit.

5. The Bang-Bang Club (2011)

Ungkapan one picture says it all berlaku pada jurnalisme fotografi. Mengisahkan tentang empat fotografer yang menamakan dirinya Bang-bang Club, mereka banyak memotret peristiwa kekerasan, kemiskinan, dan sosial yang terjadi di Afrika.

Salah satu feature photography yang terkenal adalah karya Kevin Carter yang membidik foto seekor burung pemangsa yang muncul di dekat anak yang kelaparan di Sudan.

6. Spotlight (2015)

Spotlight merupakan rubrik liputan khusus pada koran harian The Boston Globe. Kisah yang diangkat dalam film karya sutradara Tom McCarthy adalah pelecehan seksual terhadap ratusan anak di bawah umur yang dilakukan oleh para pastor di Boston.

7. The Post (2017)

Film berdurasi 116 menit baru saja mendapatkan dua nominasi di ajang Oscar 2018 untuk kategori Film Terbaik dan Aktris Terbaik. Film yang dibintangi aktris dan aktor kawakan Meryl Streep dan Tom Hanks ini mengisahkan tentang upaya penerbitan kisah Perang Vietnam berdasarkan dokumen rahasia pemerintah AS.

So, menjadi jurnalis bukan hanya sekadar bertemu orang-orang penting dan bepergian. Melalui film-film di atas, kamu jadi mengerti tugas jurnalis adalah menyampaikan kebenaran yang patut diketahui publik. Susah menembus narasumber demi berita berkualitas? Itu jadi makanan sehari-hari buat mereka. Belum lagi kalau beradu argumen saat rapat redaksi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here