Beranda Peristiwa Basarnas Gorontalo Gelar Apel Siap Siaga SAR Khusus Lebaran 2019

Basarnas Gorontalo Gelar Apel Siap Siaga SAR Khusus Lebaran 2019

105
0
Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Gorontalo, Djefri D.T Mewo saat memeriksa peralatan, dalam kegiatan Apel Kesiapan Siaga Khusus Lebaran, yang digelar di halaman Kantor SAR Gorontalo, Senin (27/5/2019).

Gorontalo, mimoza.tv – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 yang tinggal beberapa hari lagi, Kantor Pencarian Dan Pertolongan (Basarnas) Gorontalo menggelar Apel Kesiapan Siaga Khusus Lebaran, yang digelar di halaman Kantor SAR Gorontalo, Senin (27/5/2019).

Diwawancarai usai apel Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Gorontalo, Djefri D.T Mewo mengungkapkan, Siaga Khusus Angkutan lebaran ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.

“Kami dari seluruh SAR di Indonesia melaksanakan Siaga Khusus. Karena disamping siaga rutin, kita juga perlu melakukan penjagaan ketat, untuk menjaga keamanan arus mudik, baik itu di angkutan darat, laut serta udara,” ujar Djefri dihadapan wartawan.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, hingga saat ini pihaknya sudah siap dalam mengamankan dan menjaga Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

“Kita siagakan semuanya, baik itu personil maupun peralatan yang ada. Sementara untuk wilayah Gorontalo sendiri kita laksanakan di Kansar Gorontalo, Pos SAR Pohuwato, Pos SAR Gorontalo Utara,” kata Djefri.

Selain beberapa Pos SAR di beberapa Kabupaten, pihak Djefri juga menyiagakan dua kapal, masing-masing di Pelabuhan Gorontalo dan Pelabuhan Marisa. Serta kendaraan yang mobile di wilayah Gorontalo. Kegiatan ini juga kata Djefri dimulai tanggal 28 Mei hingga tanggal 14 Juni 2019.

“Untuk Gorontalo kita ada 92 personil ditambah dengan potensi SAR. Sedangkan untuk wilayah yang bisa terjadi potensi bencana, kami mendapat informasi dari Dinas Perhubungan bahwa arus mudik terbesar itu ada di angkutan laut. Makanya kami juga fokus dan siaga di pelabuhan penyeberangan maupun pelabuhan nusantara,” jelas Djefri.

Kata dia, dari sisi peralatan, pihaknya memastikan keseluruhan sudah siap 100 persen.(luk)