Beranda Gaya Hidup Ini Dia, 11 Cara Membersihkan Paru-Paru Perokok yang Alami

Ini Dia, 11 Cara Membersihkan Paru-Paru Perokok yang Alami

32
0
mimoza.tv
Ilustrasi paru-paru

Gorontalo, mimoza.tv – Paru-paru adalah organ vital dan organ tubuh yang paling diabaikan. Melalui paru-paru Anda bisa bernapas. Akibatnya paru-paru kita juga mengisap elemen berbahaya dari udara di sekitar kita. Bagi orang yang merokok, paru-paru mereka yang sehat berubah menjadi hitam dengan pengendapan TAR (senyawa kimia rokok) di paru-paru. Detoksifikasi atau cara membersihkan paru-paru secara teratur akan membantu kelancaran fungsi dan membantu membuang racun.

Apa Itu Membersihkan Paru-Paru?

Paru-paru melakukan banyak hal untuk kita. Meskipun sebagian besar orang tidak menganggap paru-paru sebagai sesuatu yang dapat kita latih, dimungkinkan untuk mengambil langkah-langkah untuk membantu paru-paru berfungsi lebih baik. Udara yang kita hirup dapat terkontaminasi dengan berbagai jenis polutan. Semuanya, mulai dari serbuk sari, bahan kimia, hingga asap rokok dapat mencemari udara dan masuk ke paru-paru.

Paru-paru kita sebagian besar merupakan organ pembersih diri, tetapi ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu paru-paru berfungsi pada tingkat optimal. Cara membersihkan paru-paru mungkin bermanfaat bagi individu yang memiliki kondisi kesehatan yang menyebabkan kesulitan bernapas, seperti asma,COPD (penyakit paru obstruktif kronis), atau fibrosis kistik. Anda juga bisa mendapat manfaat cara membersihkan paru-paru dari nikotin rokok atau harus menggunakan obat inhalasi tertentu.

Ada banyak cara membersihkan paru-paru perokok, termasuk membuat perubahan gaya hidup dan melakukan latihan untuk membantu mengeringkan paru-paru dari cairan.

Cara Membersihkan Paru-paru dengan Alami

Berikut ini adalah cara membersihkan paru-paru dari nikotin rokok secara alami, dengan mengonsumsi makanan hingga latihan, di antaranya:

  1. Mengonsumsi jahe

Cara membersihkan paru-paru perokok secara alami dengan mengonsumsi jahe, karena rempah ini memiliki sifat anti-inflamasi. Anda dapat menambahkan jahe ke berbagai hidangan karena merupakan ramuan yang banyak digunakan. Anda juga bisa menambahkannya pada teh saat pagi hari. Anda juga bisa menggunakannya untuk membuat teh jahe yang dicampur dengan lemon. Ini bermanfaat untuk mengeluarkan racun dari saluran pernapasan.

  1. Asupan Omega-3

Cara membersihkan paru-paru dari asap rokok juga bisa dengan supan omega-3. Makanan yang mengandung omega 3 di antaranya ikan, bayam, brokoli, kacang-kacangan, telur, dan masih banyak lagi makanan lainnya.

Pemberian makanan yang kaya akan omega-3 pada penderita penyakit gangguan paru-paru kronik (Chronic obstructive Pulmonary Diseases/COPD) dapat memperbaiki fungsi paru-paru penderita penyakit tersebut. Hal ini ditunjukkan dengan adanya penurunan serum, tingkat produksi lendir serta perbaikan gejala pada penderita COPD.

  1. Mengonsumsi nanas

Nanas mengandung senyawa yang disebut bromelain, yang membantu mengurangi peradangan. Bromelain juga membantu cara memperbaiki paru paru Anda dengan meningkatkan elastisitas paru-paru sehingga Anda dapat mengambil lebih banyak oksigen dengan napas lebih dalam.

  1. Minum madu

Beberapa bukti anekdotal menunjukkan bahwa satu sendok teh madu yang diminum setiap hari juga bisa menjadi cara membersihkan paru-paru perokok, bahkan madu memberikan banyak manfaat bagi kesehatan lainnya. Bahkan jika itu tidak seefektif yang diklaim beberapa orang, sesendok makanan lezat bukanlah cara yang buruk untuk memulai hari Anda!

  1. Minum ramuan kunyit

Ramuan kunyit yang ditambahkan jahe dapat membantu menahan diri dari kecanduan merokok, dan bisa mendetoksifikasi tubuh dari semua racun berbahaya yang dapat menyebabkan serangkaian penyakit dalam tubuh Anda. Ini merupakan cara mengembalikan paru-paru perokok kembali sehat secara bertahap.

Merokok dapat membuka risiko berbagai jenis kanker. Penelitian telah menunjukkan bahwa kunyit mengandung curcumin, yang memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, anti-kanker dan anti-toksisitas. Beberapa sifat ini dapat membantu menghilangkan racun berbahaya dari tubuh sambil melindungi organ dari kerusakan lebih lanjut.

Sementara jahe memiliki kemampuan membantu meredakan mual, yang merupakan salah satu gejala awal pembuangan nikotin.

  1. Asupan makanan yang mengandung antioksidan

Cara memperbaiki paru-paru bisa mengonsumsi banyak makanan yang mengandung antioksidan dari buah-buahan seperti apel, mangga, pisang, pepaya, dan jeruk, sementara sayuran di antaranya, tomat, asparagus, brokoli, kubis merah, dan ubi merah, semua makanan ini baik bagi kesehatan paru-paru.

  1. Minum air jeruk nipis

Air jeruk nipis ternyata mampu menurunkan kadar nikotin hingga 70,65 % dalam tubuh. Jeruk nipis juga dapat Anda gunakan sebagai cara untuk menghilangkan kebiasaan merokok.

  1. Banyak minum air putih

Air dapat membantu detoksifikasi paru-paru. Perlu diketahui, lendir di paru-paru dibuat sebagian besar dari air. Penggantian air di dalam tubuh menghasilkan selaput lendir yang sehat. Hidrasi juga membantu membersihkan tubuh dari racun dan membuat fungsi organ lebih baik. Minimal minumlah 8 sampai 10 gelas air setiap hari.

  1. Berhenti merokok

Bagi Anda pecandu rokok, menghentikan kebiasaan merokok merupakan hal yang sulit. Namun ternyata, tubuh akan memperbaiki sistemnya ketika seseorang mulai berhenti merokok selama 12 jam. Apalagi sama sekali berhenti merokok, tentu ini menjadi cara memperbaiki paru-paru yang paling baik.

Karbon monoksida dan kandungan nikotin dalam tubuh akan hilang secara perlahan, kandungan berbahaya tersebut akan hilang sama sekali dalam waktu 2-3 hari setelah berhenti merokok. Pada saat itu akan timbul perasaan tidak tenang dan emosi yang tidak stabil, rasa lapar, rasa lelah yang berlebihan dan sulit tidur.

Gejala tersebut menandakan bahwa tubuh sedang membersihkan sisa-sisa nikotin yang ada. Dalam 2-3 minggu sejak berhenti merokok sirkulasi tubuh akan mulai memperbaiki kerusakan pada paru-paru, dalam jangka waktu 1-9 bulan, batuk-batuk dan napas pendek akan menghilang. Paru-paru perokok pun mulai bersih dan fungsinya kembali normal.

  1. Tingkatkan kapasitas paru-paru

Angka harapan hidup Anda secara langsung bergantung pada kapasitas paru-paru, jika paru-paru tidak bekerja maksimal untuk mensuplai oksigen ke seluruh tubuh, maka semua proses metabolisme akan rusak.

Cara membersihkan paru-paru perokok adalah dengan memainkan instrumen seperti saksofon, terompet atau peluit. Main alat tersebut selama 10-15 menit sehari untuk memperbaiki fungsi paru-paru perokok.

  1. Olahraga teratur

Untuk meningkatkan kesehatan paru-paru dan memastikan detoksifikasi perokok yang efektif, lakukanlah olahraga teratur. Ini menjadi cara membersihkan paru-paru dari asap rokok.

Jika telah merokok selama beberapa tahun atau tidak dalam kondisi prima, mulailah melakukan olahraga dan secara bertahap tingkatkan aktivitas fisik seiring waktu. Latihan ini akan membantu meningkatkan fungsi paru-paru dan dapat membantu melawan kerusakan paru-paru akibat merokok.

Saat berolahraga, Anda mungkin merasakan lebih banyak dahak di paru-paru atau sering batuk. Ini mungkin terjadi sementara waktu setelah berhenti merokok, dan paru-paru menjadi lebih bersih setelah menyingkirkan zat-zat yang tidak diinginkan. Untuk mendapatkan hasil terbaik, jadikan olahraga sebagai bagian dari rutinitas harian normal Anda.

Itulah cara membersihkan paru-paru perokok yang bisa Anda lakukan secara rutin setiap hari di rumah maupun di tempat kerja Anda. Selamat mencoba.*

*Dari berbagai sumber.