Beranda Hukum & Kriminal Jalani Tes Urine, Anggota Yon 713 Satya Tama Bebas Bebas Narkoba

Jalani Tes Urine, Anggota Yon 713 Satya Tama Bebas Bebas Narkoba

75
0
Mengantisipasi penyalahgunaan narkotika di kalangan personil TNI AD, puluhan prajurit Batalyon 713 Satya Tama Gorontalo menjalani tes urin, Sabtu (16/2/2019).

Gorontalo, mimoza.tv – Mengantisipasi penyalahgunaan narkotika di kalangan personil TNI AD, puluhan prajurit Batalyon 713 Satya Tama Gorontalo menjalani tes urin, Sabtu (16/2/2019). Wal hasil, tak satu pun anggota dinyatakan positif menggunakan narkotika.

Komandan Bataliyon 713 Satya Tama, Mayor Infanteri Dony gredinand, kepada awak media mengungkapkan, kegiatan ini rutin digelar setiap 3 bulan sekali.

“Kegiatan ini kita gelar dalam rangka pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan serta peredaran gelap narkoba di lingkup Batalyon 713,” ujar Dony, diwawancarai usai kegiatan.

Lebih lanjut Mayor Dony menjelaskan, peredaran narkotika di Indonesia sudah masuk ke berbagai kalangan. Untuk itulah diperlukan pencegahan dini.

“Jadi sebelum menertibkan orang lain, tertibkan dulu diri sendiri. Prajurit harus menjadi pelopor disiplin, taat hukum serta bebas narkoba,” jelas Dony.

Dalam kesempatan itu dirinya juga menegaskan, upaya tes urune ini untuk mendeteksi prajurit yang menjadi pengguna. Dan jika dalam hasil tes nanti ada yang menggunakan, maka akan dikenakan sangsi tegas.

“Jika terbukti, sangsinya berupa pemecatan. Dan ini kita lakukan tanpa pandang bulu,” tegas Dony.

Lanjut dia, tes urine kepada anggota prajurit Yonif 713 ini dilakukan secara bertahap, mengingat jumlah anggotanya yang mencapai 365 orang, sehingga dilakukan secara bergantian.

“Saya bersyukur dalam tes kali ini tidak ada satupun anggota saya yang positif menggunakan narkotika,” pungkasnya.(luk)