Beranda Gaya Hidup Menurut Sains, Ternyata Ini Penyebab Sulitnya Berhenti Merokok

Menurut Sains, Ternyata Ini Penyebab Sulitnya Berhenti Merokok

74
0
Ilustrasi perokok.

Apakah kamu seorang perokok yang mencoba berhenti namun sangat susah untuk menghadapinya? Lalu pernahkah kamu bertanya-tanya kenapa sangat sulit berhenti merokok?

Berhenti merokok bukan hal yang mudah. Sebuah ahli riset yakni, American Cancer Society mengungkapkan kalau dari 70 persen perokok yang ingin berhenti, hanya 40 persen yang bertahan. Lalu, apa penyebab kenapa berhenti merokok begitu sulit?

Ternyata hal yang bertanggung jawab akan kebiasaan merokok sebenarnya adalah mutasi gen, dan kerentanannya terhadap nikotin juga sudah diketahui selama ini.

Fakta tersebut seperti yang diungkap oleh Ilmuwan dari Institut Pasteur dan institut Perancis National Center for Scientific Research bekerjasama dengan Universitas Sorbonne dan Insern melakukan penelitia gabungan.

Mereka menemukan bahwa mutasi gen yang dicatat pada tikus, menyebabkan keinginan untuk mulai merokok muncul lagi setelah merokok. Mutasi ini juga bisa ditemukan pada manusia, yaitu pada sekitar 35 persen warga Eropa dan 50 persen penduduk Timur Tengah.

Bahkan dalam beberapa tahun terakhir, studi besar-besaran atas gen manusia menunjukkan, mutasi pada gen CHRNA5 berkaitan dengan bertambahnya risiko ketergantungan pada nikotin secara signifikan.

Nah, mengingat bahaya yang besar pada kesehatan dari merokok, sepertinya kamu harus mencoba keras untuk berhenti merokok ya. *