Beranda Peristiwa Pemprov Sulut Buka Posko Dan Dapur Umum Korban Banjir Dan Longsor

Pemprov Sulut Buka Posko Dan Dapur Umum Korban Banjir Dan Longsor

113
0
Gubernur Sulawesi Utar Olly Dondokambey, meninjau langsung warga yang terdampak banjir, Jumat (1/2/2019)

Gorontalo, mimoza.tv – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut membuka posko informasi bencana sekaligus menyalurkan logistik bantuan serta peralatan di wilayah korban bencana banjir dan longsor di Kota Manado.

Saat ini ada tiga posko yang didirikan melalui instansi terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinas Sosial (Dinsos).

Gubernur Sulut, Olly Dondokambey ikut membantu warga dalam menyiapkan makanan, di salah satu posko bencana. Hujan dengan insensitas tinggi menyebabkan banjir di Kota Manado dan beberapa wilayah di Sulut. Foto: Istimewa.

“Tim sudah stand by di lokasi. Bantuan logistik juga sementara disalurkan,” ungkap Sekprov Edwin Silangen, Jumat (1/2/2019).

Dia menjelaskan, personel BPBD dan Dinsos sudah turun membantu masyarakat terdampak bencana sekaligus melakukan evakuasi.

“Kita akan bangun dapur umum di wilayah bencana. Bantuan makanan siap saji sudah disalurkan lewat perangkat daerah di lokasi bencana,” ujarnya.

Kepala BPBD Sulut Joi Oroh mengatakan, personel BPBD sudah disebar ke sejumlah lokasi bencana disertai dengan peralatan.

“Personel sudah bertugas melakukan evakuasi di lapangan. Kita juga membantu mengawal distribusi bantuan ke titik-titik bencana,” ujarnya.

Kata Oroh, sejauh ini pihaknya masih berkoordinasi dengan BPBD Kota Manado terkait kerusakan dan korban yang disebabkan banjir dan longsor yang terjadi.

“Prosedurnya seperti itu. Kita tunggu datanya dari BPBD Kota Manado. Tapi, terkait penanganan kita juga turun bersama dengan berkoordinasi lewat lintas perangkat daerah terkait,” jelas Oroh.

Dino Gobel, selaku Staf Ahli Gubernur Sulut Bidang Pariwisata mengungkapkan, Gubernur Olly Dondokambey dalam musibah tersebut langsung menyediakan makanan siap saji bagi 4 Ribu pengungsi dan terdampak musibah. Langsung memerintahkan BPBD Sulut untuk melakukan evakuasi, mengerahkan alat berat milik Dinas PU Sulut ke lokasi-lokasi longsor.

“Ini bepedulian bapak Olly Dondokambey selaku Gubernur di daerah ini terhadap bencana yg dialami Kota Manado. Melakukan dengan cepat dan terintegrasi. Ini terlihat dengan dibukanya tiga posko strategis guna menghadapi bencana dengan tupoksi tepat sasaran,” jelas Dino.

Kata dia, posko strategis itu meliputi Posko Induk Kantor Gubernur, Posko Kantor BPBD Sulut dan Posko Dinas Kesehatan yang menyuplai sekaligus mengontrol kondisi kesehatan korban atau pengungsi.

Selain menyiapkan posko strategis, kata Dino, Gubernur Olly juga meninjau langsung warga terdampak banjir. Bahkan tak segan-segan Gubernur Olly turut serta membantu ibu-ibu yang tengah memasak makanan untuk korban banjir.(luk)