Beranda Ekonomi BI Sosialisasikan Perkembangan Ekonomi Dan Publikasi Statistik

BI Sosialisasikan Perkembangan Ekonomi Dan Publikasi Statistik

50
0
Sosialisasi Perkembangan Ekonomi Terkini Dan Publikasi Statistik, di Aula Kantor Bank Indonesia Perwakilan Gorontalo, Kamis (21/2/2019). Foto: Lukman Polimengo.

Gorontalo, mimoza.tv – Melihat pentingnya pemahaman dan pengembangan statistik dalam pengambilan kebijakan, Bank Indonesia (BI) Perwakilan Gorontalo menyelenggarakan Sosialisasi Perkembangan Ekonomi Terkini Dan Publikasi Statistik, di Aula Kantor BI Perwakilan Gorontalo, Kamis (21/2/2019).

Dalam sambutannya, Kepala BI Perwakilan Gorontalo, Ricky P Gozali mengungkapkan, di bank sentral, data statistik yang baik sangat kritikal dalam mendukung analisis kebijakan.

“Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara BI Perwakilan Gorontalo dengan Departemen Statistik BI, dimana publikasi ini secara rutin diterbitkan oleh BI sendiri, seperti statistik ekonomi dan keuangan Indonesia, statistik ekonomi dan keuangan daerah, termasuk juga statistik hutang luar negeri kita,” ujar Ricky.

Lanjut dia, publikasi tersebut merupakan hasil pengumpulan data yang dilakukan pihak BI, maupun hasil kerja sama dengan lembaga atau otoritas lainnya.

“Ada juga data yang berasal dari hasil survei kita (red-BI). Selanjutnya data dan hasil survei inilah menjadi unsur penting dalam merumuskan kebijakan, maupun sebagai informasi kep0ada stakeholder eksternal,” jelas Ricky.

Diakhir sambutan Ricky berharap, hal ini menjadi pendukung dalam pengambilan kebijakan di berbagai lembaga, yang muaranya bisa bermanfaat dalam meningkatkan kwalitas hidup masyarakat.

Pada kesempatan lain, Gantiah Wuryandani selaku Direktur Departemen Statistik Bank Indonesia menjelaskan, saat ini masyarakat bisa dengan mudah mengakses berbagai publikasi serta hasil survei melalui website www.bi.go.id.

“Selain bisa diakses, kita juga senantias melakukan update terhadap publikasi tersebut. Di tingkat daerah sendiri, berbagai survei yang dilakukan oleh BI Perwakilan Gorontalo dijadikan materi assesmen dalam penyusunan Kajian Ekonomi Dan Keuangan Regional atau KEKR, serta sebagai materi komunikasi kebijakan,” kata Gantiah.

Dihadapan peserta undangan yang terdiri dari unsur pemerintah, pelaku ekonomi dan akademisi, Gantiah berharap, penggunaan statistik ini semakin memberikan manfaat bagi pengambil keputusan dan kehidupan masyarakat pada umumnya.(luk)