Beranda Provinsi Gorontalo Dekranas Apresiasi BI Perwakilan Gorontalo

Dekranas Apresiasi BI Perwakilan Gorontalo

17
0
Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Ny. Mufidah Jusuf Kalla memberikan penghargaan kepada Bank Indonesia Perwakilan Gorontalo, dalam acara dialog bersama Pengurus Dekranasda se-Provinsi Gorontalo di Kantor BI Gorontalo, Kamis (11/4/2019). Foto: Adiwinata.

Gorontalo, mimoza.tv – Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Ny. Mufidah Jusuf Kalla memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Bank Indonesia Perwakilan Gorontalo, yang dinilai selama ini membantu Dekranasda Provinsi Gorontalo dalam membina dan mengembankan industri kerajinan di Provinsi Gorontalo.

Penghargaan tersebut diberikan Mufidah Jusuf Kalla dalam acara dialog bersama Pengurus Dekranasda se-Provinsi Gorontalo di Kantor BI Gorontalo, Kamis (11/4/2019).

Ditemui usai kegiatan, Gunawan Purbowo selaku Kepala Tim Asesori Dan Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia Perwakilan Gorontalo mengungkapkan, seperti halnya yang disampaikan oleh Gubernur Bank Indonesia, bahwa dalam pengembangan ekonomi di Indonesia itu memerlukan sinergi dari berbagai pihak. Bank Indonesia melaksanakan sinergi dalam pengembangan UMKM khususnya dengan Dekranasda yang di Provinsi Gorontalo.

“Ada berapa kelompok kerajinan usaha kerajinan di Gorontalo yang kita bantu, namun sampai dengan saat ini kita fokus utamanya itu di dua kerajinan utama, yaitu sulaman karawo dan yang baru-baru ini adalah eceng gondok,” ujar Gunawan.

Kata Gunawan, kedua produk kerajinan itu ditujukan untuk mendorong pasar untuk orientasi ekspor, dengan alasan bahwa Bank Indonesia sebagai lembaga Bank Sentral mempunyai tugas dan fungsi itu untuk menjaga kestabilan nilai rupiah.

“Untuk ekspor kerajinan sendiri kita baru, kita sudah melakukan promosi ke berbagai tempat. Untuk produk kain karawo, kita sudah sampai ke New York Fashion Week. Tahun 2018 kemarin kita juga membantu untuk memasarkan atau memamerkan produk karawo itu selama 30 hari di salah satu galeri yang ada di New York,” jelas Gunawan.

Lanjut dia, pihaknya hingga kini masih mencari peluang, mencari bekerja sama dengan pihak lainnya seperti bea cukai, ataupun dengan yang lainnya. Hal itu menurut dia sebagai upaya untuk mendorong kerajinan dari Gorontalo ini benar-benar bisa ekspor.(luk)

penghargaan-penghargaan yang merasa sangat apresiasi dengan apa yang telah selama ini dilakukan terkait dengan pengembangan ekonomi dan UMKM di Provinsi Gorontalo jadi seperti halnya yang disampaikan oleh Gubernur Bank Indonesia bahwa dalam pengembangan ekonomi di Indonesia itu memerlukan Sinergi dari berbagai pihak bank Indonesia melaksanakan Sinergi dalam pengembangan UMKM khususnya dengan deklarasi ada juga suporter lainnya di Gorontalo